Saturday, September 7, 2013

Laporan PPK INSTALASI HARDWARE

LAPORAN
PEMELIHARAAN PERANGKAT KOMPUTER
“INSTALASI HARDWARE KOMPUTER”








OLEH :
NAMA       : MIFTAHUL ILMII
NIM           : 1202221

PENDIDIKAN TEKNIK INFORMATIKA
FAKULTAS TEKNIK
UNIVERSITAS NEGERI PADANG





A.    TUJUAN
1.      Dengan mengikuti perkuliahan ini mahasiswa diharapkan dapat menginstalasi komponen PC dengan baik dan aman.
2.      Dengan mengikuti perkuliahan ini mahasiswa mampu mengetahui tindakan yang membahayakan dalam pemasangan komponen PC.

B.     ALAT DAN BAHAN
1.      Omponen PC untuk 1 unit lengkap dengan multimedia
2.      Buku manual reference untuk komponen PC yang sesuai
3.      Tools set

C.     MATERI TEORITIS
Peralatan / komponen computer meliputi unit input, unit proses ddan unit output. Supaya computer dapat digunakan untuk mengolah data, maka harus terbentuk suatu system yang disebut pengolah data.
KOMPONEN-KOMPONEN KOMPUTER
1.    Motherboard
Komponen induk dari sebuah komputer ini memegang peran yang sangat penting dalam stabilitas kinerja komputer, di bagian inilah seluruh komponen lainnya terpasang dan saling berkomnukasi antar bagian disini juga pengaturan seluruh kinerja komputer diatur, spesifikasi motherboard sangat berpengaruh terhadap ketahanan memproses sebuah komputer, terutama bagi gamers ataupun designer yang lebih mengutamakan akselerasi

2.    Processor
Komponen yang satu sering kali di ibarat dengan otak sebuah komputer, sesuai namanyaprocessor adalah komponen yang bertugas memproses perintah dan logika yang diberikan oleh operator komputer, banyaknya jenis processor yang ada sebanding dengan software yang berkembang dipasaran kerena dituntut untuk dapat melakukan banyak perkerjaan salam satu waktu terkadang pemilihan processor yang kita gunakan harus tepat, karena jika sampai salah pilih akan berimbas pada lambatnya proses kerja sebuah komputer yang pasti berimbas langusng pada pekerjaan pengguna computer


3.     Memory atau RAM (Random Access Memory)
Bila saya ibaratkan processor adalah pompa air dan air adalah data yang di proses, maka memory atau ram ini adalah bak penampung sementara yang berfungsi menampung data yang telah terproses oleh processor sebelum di alirkan kebagian-bagian yang membutuhkan, banayknya pengembangan yang dilakukan pada bagian ini membuat kita lebih mudah dalam pemilihan ram yang cocok untuk pekerjaan kita, apalagi sekarang hampir semua merk menerapkan sistem garansi lifetime pada ram.



4.     Video Card (VGA)
Fungsi dari Video card adalah mengolah gambar sebelum ditampilkan ke monitor, banyaknya kebutuhan pengolahan gambar bagi gamers atau designer yang mengharuskan merogoh kantong yang agak dalam, beruntung sekarang bagi pengguna komputer kantor video grafis sudah terintegrasi dalam motherboard sehingga lebih menghemat pengeluaran.

5.    Hardisk
Fungsi hardisk sebagai media penyimpanan data pada komputer, kapasitas yang benar tentu saja berpengaruh terhadap jumlah data yang dapat kita simpan, ditambah lagi buffer yang besar akan membantu kecepatan transfer baik antar hardisk ataupun untuk proses suatu program. Fungsi lain dari hardisk untuk penyimapanan data yang bersifat mobile dengan sedikit penambahan casing pada hardisk laptop.


6.    Optical Disk Drive (ODD)
Fungsi utama untuk pembacaan pada media CD ataupun DVD, memang secara fungsi sekarang kurang diminati karena banyaknya media penyimpanan yang bersifat mobile dan berkapasitas lebih besar daripada CD, DVD ataupun Blueray yang dapat diakses langsung tanpa menggunakan CD atau pun DVD

7.    Monitor
Monitor berfungsi untuk menampilkan gambar dari video card, LCD mungkin lebih banyak daripada monitor tabung (CRT) selain kebutuhan listrik yang relatif ebih kecil dan hemat, kebutuhan ruang yang relatif kecilpun menjadi poin penting transisi dari CRT ke LCD, meskipun masyarkat banyak yang beralih ke LCD, beberapa profesi seperti design ataupun layout lebih bertahan di monitor CRT


8.    Mouse
di gunakan untuk mengontrol pergerakan cursor pada komputer, Mouse di ciptakan untuk memudahkan brainware (pengguna) dalam mengelola data/objek pada komputer yang sebetulnya bisa di kerjakan oleh keyboard, tetapi dengan menggunakan mouse akan nampak lebih mudah. Mouse sangat berfungsi ketika bekerja dengan grafis dan edit video ataupun aplikasi game lainnya.


9.    Keyboard
di gunakan untuk menginput data ke CPU, dengan keyboard dapat memudahkan pembuatan document dan sejenisnya pada komputer. Sebuah keyboard terdiri dari huruf abjad, angka dan symbol yang kemudian bisa berkomunikasi data dengan CPU sehingga bisa berproses dan menghasilkan output pada monitor atau lainnya 


10.  VGA card
VGA card sangat penting untuk memberikan grafis pada computer kita. Adapter Vidio merupakan interface penghubung antara komputer dengan monitor. VGA card ini pada umumnya di pasang pada slot AGP atau PCI sesuai dengan jenis VGA.



11.  Video Card
Video card ini adalah komponen komputer yang berfungsi untuk menghasilkan output gambar untuk ditampilkan di monitor. Sebelum membeli sebuah video card, kalian harus mencari tahu terlebih dahulu slot video card apa yang dimiliki oleh motherboard kalian, apakah slot PCI, AGP, PCI-X, PCI Express, atau lain sebagainya.

12.  Sound Card
Sound card adalah sebuah komponen komputer yang berfungsi untuk menghasilkan suara dan menyediakan port-port inputan dan outputan. Sound card biasanya telah disediakan secara onboard di motherboard-motherboard baru yang ada di pasaran saat ini, jadi kalian tidak perlu mengeluarkan dana ekstra untuk membeli sebuah sound card.

13.  Casing
Casing komputer adalah sebuah komponen komputer yang berfungsi sebagai tempat kita meletakkan atau menempelkan motherboard, power supply, optical disc drive, hard disk, dan lain sebagainya. Casing komputer ini dibedakan berdasarkan ukurannya yang sering disebut juga sebagai form factor (seperti ATX dan Micro ATX) dimana form factor ini mengacu kepada form factor motherboard yang didukungnya.

14.  Scaner
merupakan salah satu piranti masukan yang secara prinsip mempunyai cara kerja seperti fotocopy.

15.  Speaker aktif
Komponen elektronika yang menerima sinyal masukan dan memberikan respon keluaran berupa frekuensi suara dengan cara menggetarkan komponennnya yang berbentuk selaput.

16.  Stablizer
Merupakan perangkat elektronika yang berfungsi sebagai penstabil arus listrik. Cara kerjanya yaitu menaikan tegangan asrus listrik ke tegangan normal jika tegangan arus  listrik turun dan menaikan tegangan arus litrik ke tegangan normal jika tegangan arus litrik turun.


17.  UPS
Merupakan perangkat elektronika yang berfungsi sebagai penyimpan daya yang akan bekerja menyalurkan daya yang tersimpan di saat sumber arus listrik mati

18.  Modem
Modem berasal dari singkatan MOdulator DEModulator. Modulator merupakan bagian yang mengubah sinyal informasi kedalam sinyal pembawa (carrier) dan siap untuk dikirimkan, sedangkan Demodulator adalah bagian yang memisahkan sinyal informasi (yang berisi data atau pesan) dari sinyal pembawa yang diterima sehingga informasi tersebut dapat diterima dengan baik. Modem merupakan penggabungan kedua-duanya, artinya modem adalah alat komunikasi dua arah. Setiap perangkat komunikasi jarak jauh dua-arah umumnya menggunakan bagian yang disebut "modem", seperti VSAT, Microwave Radio, dan lain sebagainya, namun umumnya istilah modem lebih dikenal sebagai Perangkat keras yang sering digunakan untuk komunikasi pada komputer.

19.  Light Pen
Light pen adalah pointer elektronik yang digunakan untuk modifikasi dan men-design gambar dengan screen (monitor). Light pen memiliki sensor yang dapat mengirimkan sinyal cahaya ke komputer yang kemudian direkam, dimana layar monitor bekerja dengan merekam enam sinyal elektronik setiap baris per detik.

20.  Mikropon dan Headphone
Unit masukan ini berfungsi untuk merekam atau memasukkan suara yang akan disimpan dalam memori komputer atau untuk mendengarkan suara. Dengan mikropon, kita dapat merekam suara ataupun dapat berbicara kepada orang yang kita inginkan pada saat chating. Penggunaan mikropon ini tentunya memerlukan perangkat keras lainnya yang berfungsi untuk menerima input suara yaitu sound card dan speaker untuk mendengarkan suara.

21.  Joy Stick
Alat ini biasa digunakan pada permainan (games) komputer. Joy Stick biasanya berbentuk tongkat, sedangkan games paddle biasanya berbentuk kotak atau persegi terbuat dari plastik dilengkapi dengan tombol-tombol yang akan mengatur gerak suatu objek dalam komputer.



22.  Barcode
Barcode termasuk dalam unit masukan (input device). Fungsi alat ini adalah untuk membaca suatu kode yang berbentuk kotak-kotak atau garis-garis tebal vertical yang kemudian diterjemahkan dalam bentuk angka-angka. Kode-kode ini biasanya menempel pada produk-produk makanan, minuman, alat elektronik dan buku. Sekarang ini, setiap kasir di supermarket atau pasar swalayan di Indonesia untuk mengidentifikasi produk yang dijualnya dengan barcode.


23.  PRINTER
Merupakan alat pencetak dengan media kertas, hasil yang terdapat dalam computer adalah berbentuk softcopy agar bisa di lihat tanpa menggunkan computer maka perlu dicetak di kertas dengan printer.

24.  PROYEKTOR LCD
Untuk menampilkan gambar pada sebuahLayar. Bekerja berdasarkan prinsip pembiasan
cahaya yang dihasilkan oleh panel-panel LCD. Panel ini dibuat terpisah berdasarkan warna-warna dasar, merah, hijau dan biru (R-G-B). Sehingga terdapat tiga panel LCD dalam sebuah proyektor

25.  Graphics Pads
Teknologi Computer Aided Design (CAD) dapat membuat rancangan bangunan, rumah, mesin mobil, dan pesawat dengan menggunakan Graphics Pads. Graphics pads ini merupakan input masukan untuk menggambar objek pada monitor. Graphics pads yang digunakan mempunyai dua jenis. Pertama, menggunakan jarum (stylus) yang dihubungkan ke pad atau dengan memakai bantalan tegangan rendah, yang pada bantalan tersebut terdapat permukaan membrane sensitif sentuhan ( touch sensitive membrane surface). Tegangan rendah yang dikirimkan kemudian diterjemahkan menjadi koordinat X – Y. Kedua, menggunakan bantalan sensitif sentuh ( touch sensitive pad) tanpa menggunakan jarum. Cara kerjanya adalah dengan meletakkan kertas gambar pada bantalan, kemudian ditulisi dengan pensil.

26.  Touchpad
Unit masukkan ini biasanya dapat kita temukan pada laptop dan notebook, yaitu dengan menggunakan sentuhan jari. Biasanya unit ini dapat digunakan sebagai pengganti mouse. Selain touchpad adalah model unit masukkan yang sejenis yaitu

27.  USB Card
Universal Serial Bus (USB) adalah standar bus berseri untuk perangkat penghubung, biasanya kepada komputer namun juga digunakan di peralatan lainnya seperti konsol permainan dan PDA.

28.  Webcam
WebCam adalah kamera video sederhana berukuran relatif kecil. sering digunakan untuk konferensi video jarak jauh atau sebagai kamera pemantau. WebCam pada umumnya tidak membutuhkan kaset atau tempat penyimpanan data, data hasil perekaman yang didapat langsung ditransfer ke komputer. 

29.  VGA Card
Sering disebut kartu video dan kartu grafis. Kartu Video ini berguna untuk mengolah tampilan (display) pada layar komputer kita. Kartu video sangatlah penting karena menentukan kualitas gambar. 2.5. Kartu Suara Kartu suara juga memegang peranan penting. Karena kartu ini berfungsi sebagai input dan output suara.
30.  adaptor DC Converter
Yaitu  adaptor yang dapat merubah tegangan DC yang besar menjadi tegangan DC yang kecil. Misalnya : Dari tegangan 12v menjadi tegangan 6v.
31.  Adaptor Step Up dan Step Down
Adaptor Step Up adalah adaptor yang dapat merubah tegangan AC yang kecil menjadi tegangan AC yang besar. Misalnya : Dari Tegangan 110v menjadi tegangan 220v.

Adaptor Step Down adalah adaptor yang dapat merubah tegangan AC yang besar menjadi tegangan AC yang kecil. Misalnya : Dari tegangan 220v menjadi tegangan 110v.


32.   Adaptor Inverter
Yaitu adaptor yang dapat merubah tegangan DC yang kecil menjadi tegangan AC yang besar. Misalnya : Dari tegangan 12v DC menjadi 220v AC.

D.    LANGKAH KERJA
1.      Cobakan apakah computer tersebut mampu beroperasi atau tidak
2.      Lepas semua kabel yang terhubung ke CPU
3.      Bongkar satu unit computer yang disediakan.
4.      Lepas kabel-kabel yang berasal dari dari power supply dan perangkat lainnya yang berhubungan dengan mother board, CD-ROM, Harddisk, dan lain-lain.
5.      Lepas CD-ROM, Harddisk, Power supply, RAM, Cmos
6.      Catat merek dan tipe dari masing2 alat tersebut
7.      Jika sudah selesai rakit kembali computer tersebut sambungkan kabel2 pada slot yang sesuai dan tidak boleh salah, jika salah otomatis kegagalan pasti akan terjadi
8.      Pasang kembali kabel2 yang telah dilepas
9.      Cobakan apakah computer rakitan anda berjalan atau tidak

E.     Evaluasi
NO
NAMA ALAT
SPESIFIKASI
FUNGSI DAN CIRI KHAS
1
MOTHERBOARD
Intel deskto board 02 DG41RQ
Pusat semua perkakas computer agar dapat terhubung satu dengan yang lainya
2
PROCESSOR
Intel ® core (TM) 2 Duo CPU E750 2.93 GHz (2CPUs)
Untuk memproses data yang diterima dari masukan (input), seterusnya akan menghasilkan keluaran (output)
3
HARDDISK
Seagate barrakuda 7200.9 80 Gbytes (serial ATA)
Sebagai media penyimpanan semua data-data yang ada pada komputer
4
BATTERY CMOS
KTS Lithium Battery Japan 3TD CR2032
Digunakan untuk menyimpan waktu pada computer dan untukmenyimpan setting BIOS
5
POWER SUPPLY
E PRO Switching Power Supply ATX

merubah arus AC menjadi arus DC untuk memberi daya pada komponen komputer seperti motherboard, harddisk, CD room, Floppy Disk maupun komponen lain yang memerlukan daya
6
MEMORY
VISIPRO 256 MB DDR3 Pc4200
Menyimpan data sementara
7
CD ROM
SAMSUNG CD RW SN-R522

utama untuk pembacaan pada media CD ataupun DVD

F.      LAMPIRAN
NO
JENIS
FUNGSI
CONTOH
1
Input defice
(unit masukan)
Unit ini berfungsi untuk memasukkan data ke dalam computer
Keyboard
Mouse
Scaner
2
Process device
(unit pemrosesan)
Unit ini berfungsi untuk memproses data yang diinputkan ke dalam computer
RAM
ROM
3
Output device
(unit  keluaran)
Unit ini berfungsi untuk menampilkan data yang diproses oleh computer
Monitor
Printer
Speaker
4
Memory
(unit penyimpanan)
Unit yang berfungsi untuk menyimpan data baik yang sudah diproses maupun yang belum diproses oleh computer
Hardisk
Flopy disk
CD
5
Peripheral
(unit tambahan)
Unit ini merupakan uunit tambahan yang berfungsi untuk memberikan tambahan kegunaan computer
Modem
Kartu suara
TV turner
Radio turner

G.    KESIMPULAN
Setelah melakukan praktikum ini, dapat saya simpulkan bahwa pada saat kita merakit sebuah computer, diperlukan ketelitian dan kehati-hatian yang amat dalam agar tidak terjadi kerusakan yang fatal pada computer.
Kesalahan atau ketidakberhasilan dalam merakit komputer umumnya disebabkan antara lain :
1.      Pemasangan Memori yang tidak benar, Motherboard yang baik akan memberi sinyal suara peringatan bahwa pemasangan memori tidak benar. Check dan pasang dengan benar.
2.      Pemasangan Kabel Data untuk HardDisk yang tidak pas atau terbalik. Atau pengaturan posisi Master atau Slave pada HardDisk yang tidak tepat.
3.      Pemasangan Kabel Data Disk Drive yang tidak pas atau terbalik
4.      Pemasangan panel connector yang tidak tepat sehingga lampu indicator untuk HardDisk dan Power On tidak aktif

Jadi sebisa mungkin kita harus bias menghindari terjadinya kesalahan-kesalahan seperti yang tertera diatas, seandainya masih terjadi sebaiknya langsung dicari solusi pemerbaikannya.



add FACEBOOK https://www.facebook.com/miftahul22
follow twitter          https://twitter.com/ShinigamiDS

No comments:

Post a Comment